Tips Agar Anda Tidak Lemas Saat Puasa

Saat kita berpuasa, akan terjadi perubahan yang cukup drastis dari pola makan kita serta aktivitas fisik. Karena itu pula anda perlu melakukan beberapa penyesuaian agar tubuh kita bisa terbiasa dan tetap sehat selama bulan ramadhan ini.

Jika berbicara mengenai puasa, hal yang paling terkait ialah rasa ngantuk dan lemas saat akan beraktifitas. Bukan berarti semua orang akan merasa sama. Ada beberapa tips yang akan kami bagikan agar tubuh kita tetap bugar dan bersemangat. Berikut tipsnya kami berikan

1. Jangan Melewatkan Sahut

Sama seperti sarapan, sahur merupakan salah satu faktor yang penting harus dilakukan saat anda puasa. Saat kita berpuasa, sahur dapat membantu menjaga kadar cairan di tubuh kita, dan dapat memberikan energi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktifitas sepanjang hari nanti hingga buka puasa.

Selain dari itu, sahur juga bisa mencegah anda menjadi makan yang berlebihan saat berbuka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat ialah sahur yang mencakup makanan bergizi dan bernutrisi seperti makananan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat tinggi, dan makanan yang memiliki protein yang tinggi.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Anda bisa menyukupi kebutuhan cairan untuk tubuh kita dengan meminum air putih. Karena ini cukup penting agar anda tidak dehidrasi saat melakukan puasa.

3. Olahraga Pada Waktu Yang Tepat

Demi menghindari terjadinya dehidrasi, disarankan bahwa anda bisa menunda waktu olahraga anda saat berpuasa sampai ketika berbuka puasa. Dengan begitu tubuh akan berada dalam keadaan terbaiknya dan anda juga bisa minum ketika sudah berbuka.

Tunggulah hingga 2-3 jam setelah anda makan barulah anda boleh berolahraga. Hal ini tentunya dikarenakan agar tubuh anda mendapat waktu untuk mencerna makanan yang anda makan hingga sempurna.

Dan Jangan lupa juga untuk meminum air saat anda sedang berolahraga ataupun setelah selesai. Agar menggatikan cairan tubuh yang hilang akibat olahraga.

Itulah beberapa tips yang kami berikan agar tubuh anda tetap bugar dan sehat selama anda berpuasa. Jagalah kesehatan anda selama berpuasa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *