Manfaat Jambu Biji, dari Daun Sampai Buahnya

Manfaat Jambu Biji, dari Daun Sampai Buahnya

Sebagian dari anda mungkin sudah mengenal buah jambu biji. Ya, umumnya jambu biji ataupun jus jambu biji banyak dijadikan sebagai buah tangan ketika sedang menjenguk saudara maupun rekan kerja yang sedang mengalami penyakit demam berdarah. Ini karena, jambu biji tersebut dipercaya dapat membantu proses penyembuhan terhadap pasien demam berdarah. Akan tetapi, perlu diketahui khasiat jambu biji tidak hanya itu saja melainkan masih banyak khasiat lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan sejumlah mineral dan vitamin pada jambu biji yang membuat ia dikenal memiliki berbagai khasiat baik untuk kesehatan. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat besi, vitamin K, vitamin C, vitamin A, asam folat dan juga likopen. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jambu biji, diantaranya

• Membantu Pencegahan Terhadap kanker

Kadar likopen cukup tinggi yang bersifat antioksidan pada jambu biji dipercaya dapat memberikan efek antikanker. Selain itu, antioksidan yang cukup tinggi juga bisa membantu mencegah berbagai kerusakan sel yang mungkin bisa terjadi akibat radikal bebas. Ini termasuk salah satu penyebab munculnya kanker.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012 yang dilansir melalui Journal of Medicinal Food mengungkapkan bahwa ekstrak pada jambu biji bisa membantu dalam mencegah sel kanker serta dapat digunakan sebagai pengobatan kanker.

• Membantu Dalam Melancarkan Pencernaan

Selain memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang cukup tinggi, ternyata jambu biji juga mengandung serat. Kandungan serat tersebutlah yang membuat buah ini dipercaya bisa membantu dalam melancarkan pencernaan. Jambu biji termasuk salah satu buah yang mengandung sekitar 11% dari rekomendasi asupan serat harian. Dengan begitu, ketika dikonsumsi secara rutin maka dapat membantu dalam mengurangi durasi diare, mencegah sembelit serta menjaga kesehatan usus.

• Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi jambu biji secara rutin dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, para ahli juga mengungkapkan bahwa kandungan vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi pada jambu biji bisa membantu melindungi jantung dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ya, untuk antioksidan tersebut dapat berperan dalam melawan radikal bebas pada tubuh. Tidak hanya antioksidan, jambu biji juga memiliki kandungan serat dan kalium yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *