Cara Melatih Diri Untuk Kontrol Emosi Dan Amarah

Berpikir Panjang Bagus Tapi Jangan Larut Dengan Pikiran Itu

Belajar sabar memang tidaklah mudah. Apalagi jika anda tipe orang yang gampang emosian. Mungkin ini bisa menjadi PR berat untuk anda. Tapi itulah, untuk menjadi lebih baik, memang tidaklah mudah. Untuk mendapatkan hasil yang baik, juga membutuhkan usaha yang ekstra. Tidak ada yang instan. Jika ingin instan, ya hasilnya pun hanya ala kadarnya. Jadi jika ingin hasilnya memuaskan, ya lakukan lah dengan terbaik dan maksimal.

Cara Melatih Diri Untuk Kontrol Emosi Dan Amarah

Sebenarnya banyak cara untuk melatih kesabaran. Tapi pertama-tama dibutuhkan keinginan dan niat yang besar. Jika anda tidak memiliki niat, dan merasa terpaksa melakukannya, maka sulit untuk bisa menjadi sabar. Jika anda ingin berubah, anda memiliki niat untuk menjadi lebih baik, untuk merubah kebiasaan buruk anda, pasti akan lebih mudah. Untuk melatih kesabaran, anda butuh mengatur pernapasan. Pernapasan sangat penting dalam proses mengatur emosi.

Karena saat emosi atau amarah kita mulai naik, detak jantung akan semakin cepat, sehingga memompa darah semakin cepat ke seluruh tubuh, sehingga berpengaruh pada pernapasan yang menjadi semakin cepat. Sehingga jika kita perhatikan orang saat emosi atau marah, iya akan bernapas semakin sering dan berat. Karena membutuhkan ekstra oksigen karena jantung sedang bekerja ekstra. Jadi pernapasan sangat penting dalam melatih sabar. Belajarlah mulai mengatur pernapasan. Tarik napas perlahan, lalu tahan, hitung 1-5 lalu buang perlahan.

Latih itu berulang-ulang, sampai anda terbiasa. Dan seringlah membaca atau mendengar hal-hal yang baik dan positif. Jangan terlalu sering melihat atau mendengar hal-hal yang negatif. Karena itu hanya akan membuatmu semakin negatif dan secara tidak langsung itu akan mempengaruhi emosimu. Dan latihan napas itu tidak hanya dilakukan saat anda sedang tersulut emosi. Tapi lakukan saat anda sedang senggang. Saat bekerja, atau kapan saja. Agar anda terbiasa. Sehingga saat anda berada di suatu kondisi yang membuat atau memancing emosi anda, anda akan semakin mudah mengatur napas. Dan jika anda sudah terbiasa dengan ini, anda bisa melanjutkan ke step berikutnya yaitu meditasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *