Semakin Banyak Persamaan Semakin Besar Terciptanya Rasa Kompetitif

Semakin Banyak Persamaan Semakin Besar Terciptanya Rasa Kompetitif

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda akan apa pun objek atau hal yang ada di depan mata. Semua orang memiliki penilaian masing-masing. Karena setiap orang memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Memiliki pendapat, rasa, pengalaman yang berbeda-beda, sehingga tidak heran untuk satu objek atau satu kejadian, bisa menghasilkan banyak tanggapan, berbagai perbedaan pendapat antara satu dan lainnya. Dari situ kita sudah bisa memahami dan pelajari bahwa di dunia ini ada banyak sekali pemikiran yang berbeda-beda, sehingga butuh usaha yang besar untuk bisa menyeimbangkan semua itu. 

Semakin Banyak Persamaan Semakin Besar Terciptanya Rasa Kompetitif

Semakin banyak perbedaan semakin banyak hal yang bisa kita pelajari. Semakin banyak perbedaan, ikatan seseorang akan semakin erat, karena akan ada perasaan ingin mencari tahu, ingin memahami, ingin mengerti satu sama lain. Kadang kita berpikir bahwa kalau kita memiliki semakin banyak kesamaan dengan seseorang maka kita akan semakin akrab, semakin mengerti satu sama lain. Semakin kompak karena memiliki pandangan, tujuan, keinginan yang sama, dan itu membuat kita bisa semakin cocok. Tapi sebenarnya tidak. 

Mungkin iya akan terasa sangat cocok tapi di awalnya. Berasa semua berjalan begitu lancar. Merasa kedua belah pihak saling menguatkan, saling menyemangati, saling mendukung. Sehingga rasanya sangat positif. Rasanya ini sangat sempurna, ini yang kita inginkan. Tapi tunggu dulu, perasaan ini tidak akan bertahan lama. Semua orang pasti ada mengalami perubahan. Semua orang pasti akan bertemu dengan orang lain, mendapat insight baru, dan kadang ada beberapa hal yang bisa membuat perubahan di cara berpikir. Dan nanti akan terasa, yang awalnya semua terasa cocok, perlahan mulai ada perbedaan satu dua hal. Dan mulai merasa siapa yang lebih baik, dan sampai akhirnya bisa menimbulkan perasaan kompetitif. 

Merasa ini sebuah ajang. Dan pikiran itu yang paling berbahaya. Jadi kalian bisa yang awalnya kawan bisa terasa menjadi lawan pada akhirnya. Sehingga semakin banyak persamaan, semakin banyak yang rasanya cocok, kita harus semakin waspada dan berhati-hati. Karena tidak semua yang memiliki rasa, selera yang sama bisa bertahan lama dan bisa kompak. Tidak semua akan berjalan sesuai ekspektasi.