Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan Tubuh

Sayur kol merupakan sayuran yang dapat banyak dijumpai masyarakat untuk diolah berbagai macam olahan makanan. Sayur kol juga banyak disebut dengan nama kubis.

Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti olahan makanan sop kol juga sering dipergunakan untuk menambah isi pada sop tersebut. Selain memiliki banyak kandungan gizi yang ada pada kol juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun kol jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Kol tidak dapat dipandang sebelah mata karena dapat membuat perut kembung, khasiat juga manfaat yang dapat didapatkan setelah konsumsi kol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang ada pada kol diantaranya serat, vitamin K, protein, Vitamin C, folat, Vitamin B6, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, mangan, dan sebagainya. Berikut manfaat kol yang dapat diketahui diantaranya:

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada kol dapatmenjadi antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kol juga dapat detoksifikasi tubuh dngan baik. Antioksidan yang ada pada kol dapat membuang racun pada tubuh sehingga tubuh menjadi bersih terbebas dari racun.

2.Mengobati peradangan dan infeksi

Kol mengandung sulfur dan glutamin dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri otot, iritasi, nyeri sendi dan sebagainya.  Kol juga dapat membantu mengobati infeksi dengan melawan mikroba yang menjadi penyebab infeksi.

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Kandungan serat dan gizi yang ada pada kol dapat membantu kesehatan saluran pencernaan dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Meskipun kol mengandung gas namun kol baik untuk menjaga kesehatan pencernaan juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mengandung polifenol yang sangat melimpah pada kol dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu polifenol yang ada pada kol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada darah. Kol baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung juga dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan kardiovakular dan membuat jantung lebih sehat dikarenakan kadar kolesterol dalam darah dapat dibantu menormalkan dengan konsumsi sayur kol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *