Makanan dan Minuman Untuk Perut Kembung

Makanan dan Minuman Untuk Perut Kembung

Perut kembung termasuk salah satu jenis masalah pencernaan yang umum. Untungnya, kondisi tersebut dapat membaik sendiri tanpa memerlukan pengobatan apa pun. Selain itu, dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan ataupun minuman tertentu juga bisa meredakan rasa kembung yang membuat perut menjadi terasa begah. Namun, perlu diingat bahwa terdapat beberapa makanan ataupun minuman yang justru bisa memperparah rasa begah. Untuk itu, jangan sampai salah membedakannya.

Saat terasa begah di bagian perut, biasanya hal tersebut disebabkan oleh saluran pencernaan dipenuhi oleh gas dengan jumlah yang cukup banyak. Alhasil, perut membesar, terasa penuh serta nyeri yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan di perut.

Terdapat beragam faktor yang bisa meningkatkan produksi gas di bagian perut, seperti perubahan hormon di masa menstruasi, munculnya sejumlah penyakit pada sistem pencernaan serta memiliki kebiasaan makan cepat.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi sejumlah permasalahan perut kembung, diantaranya

• Seledri

Seledri dipercaya bisa membantu dalam menurunkan produksi gas yang berlebihan di bagian usus.Hal tersebut karena ia memiliki kemampuan dalam membersihkan tubuh dari sejumlah zat ataupun racun berbahaya. Selain itu, jenis sayuran ini juga bisa mencegah terjadinya penumpukan cairan pada saluran pencernaan.

• Semangka

Buah semangka mengandung sifat diuretik yang bisa merangsang organ ginjal untuk membuang urin dalam jumlah yang banyak. Ini tentunya bisa membantu mengecilkan perut yang diakibatkan oleh begah karena kelebihan cairan maupun gas.

• Timun

Timun memiliki kandungan berupa zat antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Berdasarkan sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa zat tersebut nantinya bisa membantu dalam meredakan gejala irritable bowel syndrome, seperti diare, sembelit serta perut kembung. Tidak hanya itu, timun juga kaya akan asam kafeat, silikat serta vitamin C yang dapat mencegah retensi cairan pada tubuh.

• Teh Jahe

Jahe tinggi akan zingibain yang dapat menurunkan produksi gas secara berlebihan, sementara untuk teh bisa membantu dalam menenangkan bagian perut. Oleh karena itu, dengan meminum satu cangkir teh jahe tanpa tambahan pemanis bisa menurunkan rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut begah.

• Pisang

Pisang termasuk salah satu jenis buah yang sangat bagus untuk membantu dalam meredakan perut kembung. Ini karena ia kaya akan kandungan kalium. Kandungan tersebutlah yang bisa menetralisasi kelebihan natrium dalam tubuh.